Kamis, 29 Januari 2009

Banjirrr...banjirr...

Beberapa hari berlalu..........
Hari ini hujan. Bisa dipastikan kelasku bakal diungsikan semua. Sebenarnya kelas di SMUGA ga ada yang banjir, cuman kelasku aja yang banjir. Coz sebenarnya tuh ruangan ga layak jadi ruang kelas. Gini nih ceritanya. Zaman dulu kala, ada dua kamar kecil (bukan WC). Kamar kecil pertama adalah ruangan OSIS, en kamar kecil kedua ruangan konseling dimana Pak Sueb en the Genk stay tune disana. Nah karena ada pembangunan ruangan baru akhirnya dua kamar kecil tuh dibobol tengahnya dan dijadikan satu hasilnya kelas II.5 tempat aku hidup sekarang. Pernah se anak-anak mengeluh. Akhirnya aku ama Sandra, seperti pahlawan disiang bolong berbicara ama pak Bambang Ir.
”Pak kenapa se kok kita tuh dikasih kelas yang begini, udah papannya jelek, ada tiang yang besar ditengahnya, eh banjir lagi kalo pas ujan.”
Pembaca mikir ga jawabannya apa? Udah deh ga usah dipikirin. Karena aku yakin kalian ga akan bisa nebak jawabannya apaan. Waktu itu beliau menjawab ”Ya..paling tidak sesuailah dengan penghuninya” Glodak, gedubrak klutik..klutik.
Aku ama Sandra cuman nyengir aja. Malu Men, masalahnya penghuni kelasku kan emang sama dengan ruangannya, sama-sama kacau. Usahakupun gagal.
Temen-temen satu persatu datang sambil nyincing sepatunya. Aku ngungsi dikelas tetanggaku Sugiarti, temen setiaku yang aku biasa nebeng ama dia tiap hari. Maklum rumahku tuh diperbatasan antara Sidoarjo en Mojokerto. Anak-anak sering bilang kalo ruang tamuku di Sidoarjo, dapurnya di Mojokerto. Ah..terserahlah apa kata mereka. Sugiarti tuh temenku mulai dari TK sampek sekarang, satu sekolahan terus. Bete ga seh? Kebetulan dia sekarang di kelas II.4 jadi aku bisa nunut sebentar. Pas bel masuk berbunyi, akupun kembali ke ruangan kelas yang sangat memprihatinkan. Anak-anak pada maen-maen.
”We..enak oi ekstrakurikulernya renang” celoteh Sandra sambil memperagakan gaya kodok.
”Sebentar..sebentar”, Jemat yang juga nyeng mulai naik diatas bangku dan action seperti orang mo beol. ”Ek...ek...” Yeks..nggilani.
Ruli yang sedari tadi diem akhirnya ikut-ikutan juga, dia bawa sapu dan nongkrong kayak orang mancing. Uh ada-ada saja nih anak-anak.
Emang se kalo kita mo ngeliat tuh kelas layak disebut kali brantas yang lagi meluap. Bayangin aja ikan-ikan diselokan pada bertamu di kelasku.
Pak Sugiono, wakasek kesiswaan, mulai datang dan menyuruh kami tinggal di Laboratorim Fisika dan Biologi. Oh no. Tahu ga seh kalo tuh lab deketnya WC, udah pengap, ventilasinya ga ada, trus dibelakang lagi. Gimana kalo Sindu ngentut coba? Kalo Jouhar mbau-mbauin keteknya ke anak-anak? Kaos kakinya Erik Kucing? Aduh mana sekarang kebiasaan buruk Sindu nambah lagi. Sekarang dia tuh lagi seneng-senengnya ngasih bau mulut alias ababnya ke anak-anak. Jadi kalo dia bicara pasti deh dikasih tambahan hah. Contohnya nih, pas dia mo pinjam ke aku buku matematika.
”Haih Permadinah Kanah Arieskah, kamuah sudah ngerjakan ah PR ah matematikah yang kemarin tah ?”
Huwek, cuih kayaknya bau selokan ditambah ama bau tempat pembuangan akhir (TPA) sampah kalah deh ama nih bau mulutnya Sindu. Malah dia mesti mendekatkan ke wajahku lagi. Akupun ga mo kalah. Bau mulutku yang lumayan ’sedap’pun kuberikan ama dia.
”Opoh seh sinduah, akuah belumah ngerjakan ah, jadi sanah-sanah...” Narsisku mulai muncul. Abis jengkel banget.

Hari berikutnya......
Banjir masih melanda kelasku. Secara otomatis kami masih ngendon di ruang lab. Ternyata jauh dari yang kuduga. Suasana lebih asyik nih. Anak-anak pada mbawa tape ama gitar jadi kita bisa nyanyi-nyanyi.
”Woi gimana kalau pintunya kita tutup aja? Biar pak Sanusi ga bisa masuk. Nanti kalo pak Sanusi ketuk-ketuk pintu, kita aksi-aksi ga ndengerkan aja. Gimana?” Ide gila kami mulai bersemi.
”Woi...cocok cocok cocok”, yang ngasih idepun dikasih acungan jempol ama satu kelas.
Ruangan lab ama WC emang deket. Nah antara ruangan lab ama WC emang ada pembatasnya yaitu pintu, maksud anak-anak ya pintu itu yang mo dikunci. Kalo mo masuk keruang lab lagi emang ada se yang dari jalur lain. Tapi lama, harus melewati ruangan-ruangan kelas, perpustakaan, kemudian dapur guru ya belok kanan sedikit ya..ya stop, disitu deh ruangan lab. Kalo cuman pak Sanusi sih pasti dah kehabisan semangat ngajar. Jadi kita leha-leha aja dulu.
Ternyata pindahnya kita ke ruang lab, sengsara membawa berkah juga. Pasalnya di ruangan lab ini juga deket ama kantinnya Bu Jum, kita tinggal ngloncat sedikit, ato teriak-teriak aja, dateng deh pesenan kita. Kelasku tambah kacau.
Saat yang ditunggu telah tiba. Pak Sanusi ngedor-nggedor pintu. Anak-anak lagi mendengarkan musik sambil ketawa-tawa. Wajahnya pak Sanusi celingukan di atas pintu. Ah ga tau deh kayaknya abis ini kita kena masalah apa.
Anak-anak bersorak sorai coz perjuangan pak Sanusi mencapai kelasku akhirnya putus ditengah jalan juga. Senyum kemenanganpun mengembang di wajah anak-anak. Termasuk di wajahku juga. He...he...he...
Kami tetep terus bernyanyi. Aku bercakap-cakap ama Devi. Satu jam telah berlalu. Dan....bagaikan petir di siang bolong, bagaikan pungguk merindukan bulan bagaikan....pokoknya aku kehabisan kata-kata deh. Bu Wid, guru Kimia terkiller versi anak-anak telah berada di depan pintu. Wacks??! Seketika itu tape yang dah berkoar-koar dari tadipun terdiam, suara gitar tak lagi bergeming. Kami tertunduk kaku. Dan satu kelas telah sukses masuk ke ruang konseling. Apes.
Fren, Miss U All"Life is really beautifull because of a friend likes U"

Tidak ada komentar: